Langsung ke konten utama

Tips Merawat Hamster Agar Tidak Cepat Mati

Ingin memelihara hewan namun takut rumah kotor dan bau? Hamster adalah jawaban yang paling tepat. Hewan yang mirip tikus ini ternyata tidak dibenci layaknya seperti tikus yang terkenal kotor dan hama.

Hamster justru banyak dipelihara orang karena kelucuan dan kelincahannya. Meskipun cara merawat hewan ini cukup memakan waktu, namun akan terbayar dengan tingkah lucunya yang menggemaskan.

Nah, jika kamu tertarik untuk memelihara hamster, berikut beberapa cara yang perlu kamu perhatikan dalam merawat hamster.

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Mati

1. Pilih Kandang yang Nyaman

Cara merawat hamster agar tidak mati adalah dengan memilih tempat tinggal yang aman untuk menjelajah dan merasa nyaman. Berikan kandang yang memiliki banyak warna, tabung, aksesori, dan tambahan lain untuk membuat habitat mereka unik.

Pilih alas yang dapat mereka gali, dan pastikan untuk memilih botol air yang berukuran yang tepat seperti botol air yang tidak bisa dikunyah.

2. Kebutuhan Makan dan Minum

Cara merawat hamster agar tidak mati adalah dengan memperhatikan kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Mangkuk makanan untuk hamster sebaiknya berbahan berat agar tidak mudah terbalik. Salah satu rekomendasi tempat makan hamster adalah berbahan seperi stainless steel.

3. Tempat Tidur dan Sembunyi

Hamster adalah salah satu hewan yang menyukai tempat yang gelap untuk bersembunyi dari predator.

Dengan memberikan tempat yang tersembunyi adalah salah satu cara untuk merawat hamster agar mereka merasa tenang, aman, dan nyaman.

Tempat tidur dan persembunyian ini dapat berupa rumah-rumahan kecil. Misalnya dengan menggunakan setengah bagian batok kelapa, kardus bekas, atau mangkuk plastik yang sudah dilubangi agar hamster dapat leluasa lewat atau bermain.

4. Awasi Kesehatannya

Cara selanjutnya adalah dengan memperhatikan kesehatan hamster agar jangan cepat mati. Pada dasarnya, hamster adalah salah satu jenis hewan yang jarang sakit. Namun, ketika hamster sakit, tubuhnya yang kecil akan membuat dampaknya cukup mengkhawatirkan.

Tanda-tanda hamster yang sedang sakit, yakni hamster tidak aktif, tidak mau makan, diare, bulunya rontok, bersin-bersin, atau matanya basah.

Cara Merawat Hamster Agar Tidak Bau

Hamster bukanlah hewan yang mengeluarkan bau tidak sedap. Malahan, hamster termasuk salah satu hewan yang menjaga kebersihan diri, seperti kelinci dan kucing untuk mencegah predator yang ingin memangsanya.

Nah, buat kamu yang ingin memelihara hamster, pastikan hamster kamu tidak membuang kotorannya di tempat makan dan tidurnya agar tidak tercemar bau urin.

Bagaimana, apakah kamu tertarik memelihara hamster? Jika iya, coba ikuti cara-cara yang ada di atas agar hamster kamu tidak cepat mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

  Hai sobat blog… Adakah dari kamu yang memelihara ikan cupang? Yap, ikan hias yang satu ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Ada banyak hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, mulai dari keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong mudah. Eits! Meskipun mudah, ternyata ada beberapa cara perawatan yang kurang tepat sehingga membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal, poin utama dalam memelihara ikan cupang adalah keindahan sirip dan ekor ikan cupang itu sendiri. Nah, daripada bingung, yuk simak beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini! Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah 1. Mengganti air dua hari sekali Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting dan utama untuk menjaga keindahan ikan cupang. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti ganti air akuarium tempat ikan cupangmu hidup. Disarankan untuk menganti airnya sebany

Cara Merawat Kelinci Agar Umur Panjang, Pas Banget untuk Pemula

  Suka sama hewan berbulu seperti kelinci, tapi sering gagal memeliharanya? Harapannya kelinci bisa berumur panjang, namun cepat banget mati. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda salah ketika merawatnya. Cara merawat kelinci ini cukup rumit. Jika si hewan berbulu ini stress sedikit saja, maka ia kan cepat drop dan akhirnya bisa mati. Kelinci memang binatang yang mudah stress baik soal makanan, kandang atau teman sepermainannya. Jadi, bagaimana sih sebenarnya merawat kelinci supaya binatang berbulu yang menggemaskan ini berumur panjang? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci di bawah ini. 1. Makanan Harus Tepat Faktanya kelinci bukannya hanya makan wortel dan kangkung saja ya, nutrisi yang dihasilkan hewan ini tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari kelinci tersebut. Ujung-ujung bisa saja kelinci kamu mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati. Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberikan makanan yang variatif, kamu bisa memberikan jerami sebagai sumber se

Berniat Pelihara Anjing Husky? Begini Cara Melatih dan Merawatnya

Halo sobat semua.. Anjing sudah termasuk dari bagian keluarga banyak orang. Karena dinilai bersahabat dan pandai, tidak heran banyak orang yang ingin untuk memeliharanya. Termasuk dalam hal ini anjing Siberian Husky. Siberian Husky adalah jenis anjing yang awalnya digunakan sebagai penarik kereta salju. Husky berasal dari tempat yang sangat dingin dan bersalju yaitu Siberia, Rusia. Bentuk Husky memang mirip seperti serigala, tetapi anjing ini termasuk ramah dan sangat baik untuk menjaga rumah. Bahkan, apabila dilatih dengan baik dan benar akan menjadi sahabat yang menggemaskan untuk dirumah. Cute sekali yah. Namun, apakah sobat semua tahu cara melatih dan merawat anjing Husky? Berbeda dengan hewan yang hidup liar seperti di kawasan hutan pada umumnya, pasti banyak yang belum paham untuk melakukannya. Berikut ini merupakan cara melatih dan merawat anjing Husky. Simak selangkapnya di bawah ini. Apa itu Siberian Husky? Siberian Husky merupakan peliharaan yang awalnya digunakan sebaga