Langsung ke konten utama

Punya Kucing Peliharaan dirumah? Begini cara merawatnya


 Adakah kalian yang suka dengan hewan peliharaan? Biasanya, selain terlihat imut dan menggemaskan, beberapa hewan peliharaan bisa berguna untuk membuat suasana hati lebih baik.

Kita sebut saja kucing. Kucing merupakan hewan yang cukup banyak dipeliharan oleh masyrakat. Selain sebagai hobi dan kecintaannya akan kucing, beberapa orang memelihara kucing agar mempunyai teman dan penghias rumah.

Jikalau kalian mempunyai kucing di rumah sebagai hewan peliharaan, ada baiknya kalian merawat dan juga memelihara kucing milik kalian agar terjaga kebersihan dan juga kesehatannya.

Untuk kalian yang ingin merawat dan menjaga kucing peliharaan kalian, berikut :

1. Menyisir Bulu Kucing Setiap Hari

Hal itu dikarenakan kucing merupakan hewan berbulu yang mana kesehatan dari bulu tersebut haruslah dijaga. Dengan kamu menjaga kerapian bulu dengan menyisir, itu akan membantu kucing kalian agar tidak menghabiskan banyak waktu dalam menghilangkan rambut yang rontok.

Jikalau kalian tidak memperhatikan bulu pada kucing kalian, bisa saja membuat bola bulu berkembang di saluran pencernaan. Karena seperti yang kalian tau, kucing sering menjilati bulunya untuk menghilangkan bulu rontok, tapi bisa jadi bulu tersebut tertelan dan berkembang di saluran pencernaannya.

2. Jangan Terlalu Banyak Memberi Makanan Kering

Kucing tidak bisa menjadi vegetarian, hal itu berbanding terbalik dengan anjing. Walaupun untuk waktu sesaat, kucing selalu mengandalkan daging sebagai makanan utama mereka setiap hari. Dengan memberikan makanan kering, sama saja anda mendorong kucing untuk mengkonsumsi karbohidrat setiap harinya.

Hal itu cukup buruk untuk tubuh kucing karena akan mengakibatkan diabetes nantinya. Semisal kamu memelihara kucing dan anjing secara bersamaan, perilaku yang kamu berikan pun harus berbeda adanya.

3. Perhatikan Konsumsi Air

Pastinya asupan air dan makanan yang cukup diperlukan oleh tubuh. Untuk kalian yang sedang merawat kucing untuk saat ini ada baiknya berikan kucing akses air yang segar dan sehat setiap saat. Apalagi jikalau kamu memberikan kucing makanan kering.

Setelah mengkonsumsi makanan kering, kucing akan lebih banyak mengkonsumsi air. Kucing dewasa dan kucing menyusui juga rentan terkena dehidrasi. Maka dari itu pasokan air harus cukup untuk kucing.

4.Sediakan Kotak Pasir

Agar lebih baik lagi, gunakan kotak pasir dan 1 kotak tambahan lagi. Seperti yang kita ketahui, biasanya kotak pasir berguna untuk sebagai tempat buang air. Dengan begitu, akan mempermudah kita untuk membersihkan kotoran kucing tersebut.

Hal itu pun membantu untuk membersihkan rumah dari kotoran kucing yang bertebaran di rumah.

5. Menetralkan Kucing Betina

Maksud dari kata menetralkan disini adalah mengebiri atau memandulkan kucing betina dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini berdampak baik bagi para kucing betina milik kalian. hal itu disebabkan akrena kucing jantan rentan menularkan resiko penyakit dari gigitan dan cakaran saat melangsungkan perkawinan.

6. Sering Konsultasi dengan Dokter

Pastinya kesehatan kucing tak selamanya bisa dijaga oleh kamu setiap saat bukan. Ada juga kadang bagian tubuh kucing tersebut yang tidak kamu mengerti cara dalam mengatasi penyakit yang terjadi.

Maka dari itu, ada baiknya kamu konsultasi ke dokter hewan yang kamu percayakan. Usahakan mendapatkan dokter hewan yang ramah, dan juga mempunyai fasilitas yang lengkap untuk memeriksa kesehatan kucing kamu.

Biasanya, kucing dan aning dapat ditangani oleh 1 dokter saja. Seperti yang kita tau ya, biasanya kucing dan anjing jarang akur. Maka dari itu cari dokter yang memiliki ruang tunggu terpisah, oke?

Nah, itu dia tips untuk kamu yang ingin merawat kucing peliharaan kamu agar tetap sehat dan terjaga. Semoga artikel ini membantu ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

  Hai sobat blog… Adakah dari kamu yang memelihara ikan cupang? Yap, ikan hias yang satu ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Ada banyak hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, mulai dari keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong mudah. Eits! Meskipun mudah, ternyata ada beberapa cara perawatan yang kurang tepat sehingga membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal, poin utama dalam memelihara ikan cupang adalah keindahan sirip dan ekor ikan cupang itu sendiri. Nah, daripada bingung, yuk simak beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini! Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah 1. Mengganti air dua hari sekali Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting dan utama untuk menjaga keindahan ikan cupang. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti ganti air akuarium tempat ikan cupangmu hidup. Disarankan untuk menganti airnya sebany

Cara Merawat Kelinci Agar Umur Panjang, Pas Banget untuk Pemula

  Suka sama hewan berbulu seperti kelinci, tapi sering gagal memeliharanya? Harapannya kelinci bisa berumur panjang, namun cepat banget mati. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda salah ketika merawatnya. Cara merawat kelinci ini cukup rumit. Jika si hewan berbulu ini stress sedikit saja, maka ia kan cepat drop dan akhirnya bisa mati. Kelinci memang binatang yang mudah stress baik soal makanan, kandang atau teman sepermainannya. Jadi, bagaimana sih sebenarnya merawat kelinci supaya binatang berbulu yang menggemaskan ini berumur panjang? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci di bawah ini. 1. Makanan Harus Tepat Faktanya kelinci bukannya hanya makan wortel dan kangkung saja ya, nutrisi yang dihasilkan hewan ini tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari kelinci tersebut. Ujung-ujung bisa saja kelinci kamu mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati. Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberikan makanan yang variatif, kamu bisa memberikan jerami sebagai sumber se

Berniat Pelihara Anjing Husky? Begini Cara Melatih dan Merawatnya

Halo sobat semua.. Anjing sudah termasuk dari bagian keluarga banyak orang. Karena dinilai bersahabat dan pandai, tidak heran banyak orang yang ingin untuk memeliharanya. Termasuk dalam hal ini anjing Siberian Husky. Siberian Husky adalah jenis anjing yang awalnya digunakan sebagai penarik kereta salju. Husky berasal dari tempat yang sangat dingin dan bersalju yaitu Siberia, Rusia. Bentuk Husky memang mirip seperti serigala, tetapi anjing ini termasuk ramah dan sangat baik untuk menjaga rumah. Bahkan, apabila dilatih dengan baik dan benar akan menjadi sahabat yang menggemaskan untuk dirumah. Cute sekali yah. Namun, apakah sobat semua tahu cara melatih dan merawat anjing Husky? Berbeda dengan hewan yang hidup liar seperti di kawasan hutan pada umumnya, pasti banyak yang belum paham untuk melakukannya. Berikut ini merupakan cara melatih dan merawat anjing Husky. Simak selangkapnya di bawah ini. Apa itu Siberian Husky? Siberian Husky merupakan peliharaan yang awalnya digunakan sebaga