Langsung ke konten utama

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

 

Hai sobat blog…

Adakah dari kamu yang memelihara ikan cupang? Yap, ikan hias yang satu ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang.

Ada banyak hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, mulai dari keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong mudah.

Eits! Meskipun mudah, ternyata ada beberapa cara perawatan yang kurang tepat sehingga membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal, poin utama dalam memelihara ikan cupang adalah keindahan sirip dan ekor ikan cupang itu sendiri.

Nah, daripada bingung, yuk simak beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini!

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

1. Mengganti air dua hari sekali

Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting dan utama untuk menjaga keindahan ikan cupang.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti ganti air akuarium tempat ikan cupangmu hidup. Disarankan untuk menganti airnya sebanyak dua hari sekali.

2. Memindahkan ikan cupang tanpa disentuh

Seperti yang kita ketahui, ikan cupang memiliki bentuk fisik yang rentan dan mudah rusak. Jadi, pastikan agar kamu tidak menyentuhnya apalagi saat sedang menguras air dalam akuariumnya.

Memindahkan ikan cupang bersamaan dengan sedikit air akan lebih baik dibandingkan memindahkan ikan cupang dengan tangan ataupun jaring. Hal ini untuk mengurangi risiko sirip atau ekor yang rusak atau patah saat tersentuh.

3. Direkomendasikan memberi pakan hidup dibanding kering

Dengan apakah kamu biasanya memberi makan ikan cupangmu? Apakan dengan pelet? Jika ya kamu sebaiknya beralih ke pakan hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing, atau kutu air. Hal ini dijamin akan lebih baik untuk kesehatan ikan cupangmu.

4. Memfasilitasi dengan ketapang kering sebagai antibiotik di dalam air

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kamu tentu harus merawatnya serta memfasilitasi hewan tersebut. Seperti ikan cupang, kamu sebaiknya melengkapi akuariumnya dengan ketapang kering sebagai antibiotik alami di dalam air.

Jika sirip atau ekor ikan cupang terluka, maka ketapang ini akan bertugas untuk mengoptimalkan ph air sehingga membuat ikan mu lebih cepat sembuh.

5. Rutin memberi garam khusus ikan hias

Seperti manusia, ikan cupang juga tentunya membutuhkan garam. Namun garam yang dipakai disini bukanlah garam dapur yang kamu pakai memasak.

Garam ini adalah garam yang dibuat khusus untuk ikan hias yang berfungsi untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Garam ini juga mampu membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupangmu.

Namun ingat, jangan banyak banyak yah! Kamu cukup menaburkan garam sebanyak 0,1% dari keseluruhan air dalam akuarium.

6. Berikan metil biru saat ikan terluka

Seperti yang dibahas saat ini, kita difokuskan untuk menjaga dan merawat agar sirip dan ekor ikan cupang tetap indah. Nah, jika suatu saat sirip dan ekor ikan cupangmu patah, jangan panik! Sebab, kamu bisa membantu proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat. Dengan cara apa?

Yap, dengan cara memberikan metil biru secukupnya pada air akuarium. Hasilnya, proses pemulihan ikan cupangmu bisa berlangsung lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari tingkat kerusakannya.

7. Rutin jemur ikan cupang

Terakhir, untuk menjaga keindahan sirip dan ekor ikan cupang, kamu bisa merawatnya dengan cara rutin menjemurnya.

Aktivitas ini bertujuan agar ikan lebih segar sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan wadahnya. Ikan cupang harus dijemur pada pukul 08.00 hingga 10.00 pagi selama 15-30 menit saja.

Namun, jangan jemur ikan cupang terlalu sering, cukup sesekali saja. Pengecualian untuk ikan cupang yang warna kulitnya didominasi oleh warna hitam. Kamu tidak perlu menjemur jenis ikan cupang ini karena dia bisa panik dan stres ketika dijemur.

Jika ikan cupang tampak panik ketika dijemur, maka cepat pindahkan ke tempat yang teduh hingga dia merasa nyaman kembali.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat ikan cupang agar sirip dan ekornya tetap indah. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Kelinci Agar Umur Panjang, Pas Banget untuk Pemula

  Suka sama hewan berbulu seperti kelinci, tapi sering gagal memeliharanya? Harapannya kelinci bisa berumur panjang, namun cepat banget mati. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda salah ketika merawatnya. Cara merawat kelinci ini cukup rumit. Jika si hewan berbulu ini stress sedikit saja, maka ia kan cepat drop dan akhirnya bisa mati. Kelinci memang binatang yang mudah stress baik soal makanan, kandang atau teman sepermainannya. Jadi, bagaimana sih sebenarnya merawat kelinci supaya binatang berbulu yang menggemaskan ini berumur panjang? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci di bawah ini. 1. Makanan Harus Tepat Faktanya kelinci bukannya hanya makan wortel dan kangkung saja ya, nutrisi yang dihasilkan hewan ini tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari kelinci tersebut. Ujung-ujung bisa saja kelinci kamu mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati. Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberikan makanan yang variatif, kamu bisa memberikan jerami sebagai sumber se

Berniat Pelihara Anjing Husky? Begini Cara Melatih dan Merawatnya

Halo sobat semua.. Anjing sudah termasuk dari bagian keluarga banyak orang. Karena dinilai bersahabat dan pandai, tidak heran banyak orang yang ingin untuk memeliharanya. Termasuk dalam hal ini anjing Siberian Husky. Siberian Husky adalah jenis anjing yang awalnya digunakan sebagai penarik kereta salju. Husky berasal dari tempat yang sangat dingin dan bersalju yaitu Siberia, Rusia. Bentuk Husky memang mirip seperti serigala, tetapi anjing ini termasuk ramah dan sangat baik untuk menjaga rumah. Bahkan, apabila dilatih dengan baik dan benar akan menjadi sahabat yang menggemaskan untuk dirumah. Cute sekali yah. Namun, apakah sobat semua tahu cara melatih dan merawat anjing Husky? Berbeda dengan hewan yang hidup liar seperti di kawasan hutan pada umumnya, pasti banyak yang belum paham untuk melakukannya. Berikut ini merupakan cara melatih dan merawat anjing Husky. Simak selangkapnya di bawah ini. Apa itu Siberian Husky? Siberian Husky merupakan peliharaan yang awalnya digunakan sebaga