Langsung ke konten utama

Penting Diketahui, Begini Cara Merawat Anjing Yang Baru Melahirkan Dengan Benar!

Cara Merawat Anjing Yang Baru Melahirkan
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat merawat anjing yang baru saja melahirkan

Cara merawat anjing yang baru melahirkan – Memiliki anak anjing baru merupakan kesenangan tersendiri bagi pemilik anjing. Tidak hanya akan mendapatkan bayi-bayi lucu berbulu, namun terdapat sejuta kebahagiaan yang menghampiri sang pemilik.

Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat anjing yang baru melahirkan, terlebih untuk sang induk yang memerlukan asupan gizi cukup agar bisa menghasilkan banyak susu untuk bayi-bayinya.

Selain induk, cara merawat anak anjing yang baru dilahirkan juga perlu diperhatikan karena tidak bisa dilakukan sembarangan.

Untuk itu, kamu bisa menyimak bagaimana merawat anjing yang baru saja dengan benar berikut ini. Jangan sampai terlewat, ya!

1. Mengawasi Pergerakan Induk Anjing

Saat menyusui, induk anjing terkadang tidak sengaja menimpa anaknya. Dalam beberapa kasus, hal tersebut bisa membuat si bayi merasa sesak dan akhirnya harus kehilangan nyawa.

Maka dari itu, kamu sebagai pemilik anjing harus lebih memperhatikan kondisi ketika sang induk datang ke kandang untuk meyusui anak-anaknya.

Meskipun beberapa orang berpendapat jika induk anjing memiliki insting kuat untuk tidak mencelakakan anaknya, namun hal itu tidak benar sepenuhnya bagi anjing yang baru pertama kali melahirkan.

Tidak adanya pengalaman melahirkan terkadang membuat anjing tidak tahu bagaimana memposisikan diri yang benar ketika menyusui anak-anaknya.

2. Tidak Memandikan Induk

Upayakan untuk tidak memandikan anjing hingga 3 minggu setelah melahirkan. Mengapa demikian? Sebab, residu yang ada pada shampoo anjing tidak baik jika bersentuhan dengan anaknya.

Di satu sisi, kamu juga harus memandikan induk jika dia memang benar-benar kotor. Kamu bisa menggunakan shampoo oatmeal lembut khusus anjing dan bilas hingga bersih.

Karena kondisi kotor tersebut bisa menyebabkan anak-anak anjing terpapar bakteri dan virus yang akan membuatnya sakit.

3. Berikan Makanan Anak Anjing Untuk Induk

Induk yang menyusui membutuhkan makanan untuk anjing berkualitas tinggi yang memiliki kandungan kalsium tinggi dan juga protein yang baik.

Ini sangat penting bagi induk anjing untuk menghasilkan susu dalam jumlah besar.

Juga memberikan sebanyak mungkin anjing makanan sebanyak yang bisa dihabiskan dan bahkan bisa empat kali lebih banyak daripada ketika tidak hamil atau menyusui.

Jika induk sehat, maka bayi-bayi anjing juga sehat karena tercukupi gizinya melalui susu sang induk.

4. Membiarkan Induk Memberikan Jadwal Mengawai Anak

Terkadang, euphoria sang pemilik bisa menjadi salah kaprah, memamerkan anak anjingnya yang baru lahir kepada teman-teman atau tetangga dan membiarkan mereka menyentuh anak anjing.

Hal tersebut bisa memicu amarah sang induk, karena induk anjing pada umumnya mempercayakan anaknya hanya kepada sang majikan, bukan orang lain.

Selama 2 hingga 4 minggu pertama, induk anjing akan rutin mengawasi anaknya dan akan sensi dengan keberadaan manusia selain majikannya di dekat anaknya.

Oleh sebab itu, biarkanlah induk memberikan jadwal mengawasi anaknya dalam waktu lama.

5. Cukur Bulu Anjing

Jika Anda memiliki jenis anjing yang berbulu panjang, ada baiknya untuk melakukan pencukuran di area kaki, ekor belakang, dan kelenjar susu agar bagian tersebut tetap bersih ketika bersentuhan dengan anak.

Jika belum terlatih, kamu bisa membawa sang induk ke spesalis pengurus anjing atau dokter hewan.

6. Menjauhkan Induk dari Anjing Lain

Cara merawat anjing setelah melahirkan selanjutnya adalah menjauhkan induk dari anjing lain. Hal ini bertujuan untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia.

Biasanya sang induk akan menganggap keberadaan anjing lain adalah ancaman bagi anak-anaknya. Dan hal tersebut takutnya akan menjadi perkelahian yang berkelanjutan.

Perilaku protektif tersebut bisa membuat induk anjing menjadi lebih agresif untuk melindungi anaknya, bahkan akan posesif melihat majikan yang mendekati bayinya.

7. Mengganti Semua Pakaian di Kandang

Setelah anjing melahirkan, upayakan untuk mengganti pakaian yang ada di kandang. Ganti kain tersebut secara rutin dan teratur, pastikan juga area tersebut tetap dalam keadaan bersih agar anak anjing dapat tumbuh sehat.

Nah, itulah beberapa cara merawat anjing setelah melahirkan. Sebagai majikan, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan demi menjaga kesehatan anak anjing yang akan tumbuh menggemaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

  Hai sobat blog… Adakah dari kamu yang memelihara ikan cupang? Yap, ikan hias yang satu ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Ada banyak hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, mulai dari keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong mudah. Eits! Meskipun mudah, ternyata ada beberapa cara perawatan yang kurang tepat sehingga membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal, poin utama dalam memelihara ikan cupang adalah keindahan sirip dan ekor ikan cupang itu sendiri. Nah, daripada bingung, yuk simak beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini! Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah 1. Mengganti air dua hari sekali Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting dan utama untuk menjaga keindahan ikan cupang. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti ganti air akuarium tempat ikan cupangmu hidup. Disarankan untuk menganti airnya sebany

Cara Merawat Kelinci Agar Umur Panjang, Pas Banget untuk Pemula

  Suka sama hewan berbulu seperti kelinci, tapi sering gagal memeliharanya? Harapannya kelinci bisa berumur panjang, namun cepat banget mati. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda salah ketika merawatnya. Cara merawat kelinci ini cukup rumit. Jika si hewan berbulu ini stress sedikit saja, maka ia kan cepat drop dan akhirnya bisa mati. Kelinci memang binatang yang mudah stress baik soal makanan, kandang atau teman sepermainannya. Jadi, bagaimana sih sebenarnya merawat kelinci supaya binatang berbulu yang menggemaskan ini berumur panjang? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci di bawah ini. 1. Makanan Harus Tepat Faktanya kelinci bukannya hanya makan wortel dan kangkung saja ya, nutrisi yang dihasilkan hewan ini tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari kelinci tersebut. Ujung-ujung bisa saja kelinci kamu mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati. Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberikan makanan yang variatif, kamu bisa memberikan jerami sebagai sumber se

Berniat Pelihara Anjing Husky? Begini Cara Melatih dan Merawatnya

Halo sobat semua.. Anjing sudah termasuk dari bagian keluarga banyak orang. Karena dinilai bersahabat dan pandai, tidak heran banyak orang yang ingin untuk memeliharanya. Termasuk dalam hal ini anjing Siberian Husky. Siberian Husky adalah jenis anjing yang awalnya digunakan sebagai penarik kereta salju. Husky berasal dari tempat yang sangat dingin dan bersalju yaitu Siberia, Rusia. Bentuk Husky memang mirip seperti serigala, tetapi anjing ini termasuk ramah dan sangat baik untuk menjaga rumah. Bahkan, apabila dilatih dengan baik dan benar akan menjadi sahabat yang menggemaskan untuk dirumah. Cute sekali yah. Namun, apakah sobat semua tahu cara melatih dan merawat anjing Husky? Berbeda dengan hewan yang hidup liar seperti di kawasan hutan pada umumnya, pasti banyak yang belum paham untuk melakukannya. Berikut ini merupakan cara melatih dan merawat anjing Husky. Simak selangkapnya di bawah ini. Apa itu Siberian Husky? Siberian Husky merupakan peliharaan yang awalnya digunakan sebaga