Langsung ke konten utama

Begini Cara Merawat Ikan Peliharaan Berharga Tinggi, Ikan Arwana


Bagi Pecinta hewan peliharaan, khususnya ikan hias pasti mengenal jenis ikan baik dari harga termurah hingga yang paling mahal.


Beberapa ikan yang dijadikan ikan hias memiliki beragam bentuk, warna dan aspek lainnya yang membuatnya bernilai tinggi. Salah satu hewan peliharaan dari jenis ikan yang memiliki harga yang tidak murah adalah ikan Arwana.


Apakah kamu pernah melihat ikan yang satu ini? Apakah kamu tahu ikan ini terdiri dari beberapa jenis? Dan tahukah kamu cara perwatannya? Agar tidak salah dalam pemilihan dan perawatan, yuk simak artikel berikut sebagai pencegahan dalam terjadinya kesalahan dalam perawatan ikan Arwana.


Ikan Arwana

Ikan Arwana termasuk ikan air tawar yang penyebarannya khusus daerah Asia Tenggara dimulai dari Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, hingga Malaysia. Untuk jenis ikan Arwana Asia, memiliki ciri khas dari warna sisiknya.


Secara umum, warna ikan Arwana adalah keperak-perakan. Namun, terdapat juga beberapa varietas warna lainnya, seperti Hijau, Emas kombinasi Ekor Merah, Emas, dan Merah.


Ikan ini sering juga disebut sebagai Ikan Naga karena kerap dihubungkan dengan hewan mitologi Naga dari Mitologi Tionghoa.


Meski sering dijadikan sebagai ikan hias, Arwana termasuk spesies hewan langka yang sudah berstatus Terancam Punah. Hal tersebut diungkapkan oleh IUCN pada tahun 2004. Punahnya ikan air tawar ini, dikarenakan terlalu sering diperjual belikan dan nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium.


Jenis – jenis Ikan Arwana

1. Arwana Super Red

2. Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden, CBG)

3. Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

4. Arwana Hijau (Green Arwana/Golden Piano)

5. Arwana Banjar

6. Arwana Silver/Arwana Brazil


Cara Merawat Ikan Arwana

Berikut beberapa langkah mudah dalam merawat ikan dengan harga tinggi berikut ini.


1. Mempersiapkan Akuarium sesuai ukuran ikan Arwana. Jika ikan yang kamu miliki berukuran kecil, gunakan akuarium yang memilki besar 120x60x60 cm. Sementara untuk yang berukuran besar, silahkan menggunakan akuarium yang berukutan 180x76x60 cm. hal ini dilakukan agar ikan bergerak secara leluasa.


Usahakan kaca akuarium tebal karena ikan ini sanggunp memecahkan kaca dengan ketebalan kurang lebih12 mm.


2. Masih berhubungan dengan akuarium, sediakan tutup akuarium untuk mencegah ikan melompat. Hal ini dilakukan karena Arwana memiliki naluri untuk mencari mangsa di permukaan air. Cukup menggunakan jaring halus agar ikan Arwana milikmu tidak terluka ketika mencoba melompat.


3. Sebagai pilihan hiasan dalam akuarium, sebisa mungkin tidak menggunakan substrat atau pasir (batu) karena dapat menyebabkan penumpukan kotoran si Arwana. Hindari juga penggunaan tanama dan dekorasi yang bisa saja memungkinkan melukai sirip Arwana.


Pilihan yang lebih baik adalah membiarkan akuarium tanpa hiasan apapun. Cukup dengan penambahan dua jenis cahaya, yakni viewing light dan tanning light. Gunakan juga filter air, Arwana terkenal sebagai hewan yang banyak menghasilkan kotoran.


4. Pemilihan pakan hewan peliharaan juga penting agar agar ikan hias yang satu ini dapat bertahan hidup lebih lama. Arwana termasuk hewan karnivora yang menjadikannya sebagai predator di alam liat.


Di habitat aslinya, ikan hias ini memangsa ikan kecil dan serangga. Namun saat sudah menjadi hewan peliharaanmu, Arwana diberi pakan khusus seperti ikan kecil, jangkrik cacing dan udang.


5. Cara merawat ikan Arwana selanjutnya adalah rutin membersihkan akuarium, baik setiap hari, mingguan maupun bulanan. Dan pastikan kotorannya tidak menumpuk didalam akuarium.


6. Arwana dan ikan kecil lainnya jangan disatukan.


7. Perawatan untuk meningkatan tampilan Arwana hingga memiliki harga jual juga perlu diperhatikan.


Nah, itulah beberapa cara dalam merawat si mawah Ikan Arwana. Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah

  Hai sobat blog… Adakah dari kamu yang memelihara ikan cupang? Yap, ikan hias yang satu ini memang menjadi salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Ada banyak hal yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan hias ini, mulai dari keindahan bentuk, warna dan cara merawatnya yang tergolong mudah. Eits! Meskipun mudah, ternyata ada beberapa cara perawatan yang kurang tepat sehingga membuat sirip dan ekor ikan cupangmu rusak. Padahal, poin utama dalam memelihara ikan cupang adalah keindahan sirip dan ekor ikan cupang itu sendiri. Nah, daripada bingung, yuk simak beberapa cara merawat ikan cupang yang baik dan benar di bawah ini! Cara Merawat Ikan Cupang Agar Sirip dan Ekornya Tetap Indah 1. Mengganti air dua hari sekali Kebersihan dan kesehatan air akuarium adalah hal penting dan utama untuk menjaga keindahan ikan cupang. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengganti ganti air akuarium tempat ikan cupangmu hidup. Disarankan untuk menganti airnya sebany

Cara Merawat Kelinci Agar Umur Panjang, Pas Banget untuk Pemula

  Suka sama hewan berbulu seperti kelinci, tapi sering gagal memeliharanya? Harapannya kelinci bisa berumur panjang, namun cepat banget mati. Jika hal ini terjadi, bisa saja Anda salah ketika merawatnya. Cara merawat kelinci ini cukup rumit. Jika si hewan berbulu ini stress sedikit saja, maka ia kan cepat drop dan akhirnya bisa mati. Kelinci memang binatang yang mudah stress baik soal makanan, kandang atau teman sepermainannya. Jadi, bagaimana sih sebenarnya merawat kelinci supaya binatang berbulu yang menggemaskan ini berumur panjang? Coba praktikkan cara-cara merawat kelinci di bawah ini. 1. Makanan Harus Tepat Faktanya kelinci bukannya hanya makan wortel dan kangkung saja ya, nutrisi yang dihasilkan hewan ini tidak cukup untuk menunjang kebutuhan dari kelinci tersebut. Ujung-ujung bisa saja kelinci kamu mudah mengalami gangguan pencernaan dan berisiko mati. Cara merawat kelinci yang tepat adalah memberikan makanan yang variatif, kamu bisa memberikan jerami sebagai sumber se

Berniat Pelihara Anjing Husky? Begini Cara Melatih dan Merawatnya

Halo sobat semua.. Anjing sudah termasuk dari bagian keluarga banyak orang. Karena dinilai bersahabat dan pandai, tidak heran banyak orang yang ingin untuk memeliharanya. Termasuk dalam hal ini anjing Siberian Husky. Siberian Husky adalah jenis anjing yang awalnya digunakan sebagai penarik kereta salju. Husky berasal dari tempat yang sangat dingin dan bersalju yaitu Siberia, Rusia. Bentuk Husky memang mirip seperti serigala, tetapi anjing ini termasuk ramah dan sangat baik untuk menjaga rumah. Bahkan, apabila dilatih dengan baik dan benar akan menjadi sahabat yang menggemaskan untuk dirumah. Cute sekali yah. Namun, apakah sobat semua tahu cara melatih dan merawat anjing Husky? Berbeda dengan hewan yang hidup liar seperti di kawasan hutan pada umumnya, pasti banyak yang belum paham untuk melakukannya. Berikut ini merupakan cara melatih dan merawat anjing Husky. Simak selangkapnya di bawah ini. Apa itu Siberian Husky? Siberian Husky merupakan peliharaan yang awalnya digunakan sebaga